Sejarah Kerajaan Indonesia yang Perlu Kita Ketahui

Posted in: Travel

Malikdelvatinson

Oct 8, 2017 at 6:07 PM

Kerajaan Pasai

Samudra Pasai atau yang dikenal juga dengan Samudra Darusaalam adalah kerajaan Islam pertama yang berada di Indonesia. Kerajaan Samudra Pasai berada pada tepi pantai Sumatra serta pertama bangkit di periode ke-13. Orang yang menjadi raja kerajaan Samudra Pasai di kesatu yaitu Raja Malik al-Saleh.

Sebab kerajaan Samudra Pasai berada pada tempat yang diplomatis yakni di dekat pantai, alhasil kerajaan ini menjadi sentral perdagangan. Di bawah kepengurusan Sultan Malukul Dhahir, Samudra Pasai benar-benar menjadi tempat jual beli yang meningkat. Pelabuhannya pun tetap dipenuhi dengan pedagang dari Asia, Afrika, Cina, dan Eropa.

Kesultanan Demak

Kalau Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia yang berada di Sumatra, jadi kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama yang ada di pulau Jawa. Sultan yang membangun Demak adalah Raden Patah di tahun 1478. Raden Patah duduk di kursi sultan Demak hingga tahun 1518. Raden Patah adalah seorang darah biru yang juga bertugas selaku kadipaten di kerajaan Majapahit.

Kerajaan Demak melambangkan kerajaan Islam yang terkenal sebab menjadi ajang lahirnya Wali Songo maupun sembilan wali. Wali Songo ini adalah 9 wali terkenal yang menjadi penyebar agama Islam. Kesultanan Demak merupakan kesultanan yang lebih meningkat saat kesultanan Majapahit mulai runtuh. Kesultanan Demak berlokasi kira-kira 25 km dari kota Semarang, lebih pasnya di jalan menuju Kudus dari Surabaya.

Kesultanan Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri ataupun yang disebut pula dengan kerajaan Panjalu adalah kesultanan Hindu yang ada di pulau Jawa, lebih-lebih di Jawa Timur. Umur kerajaan Kediri tergolong lama yakni bangkitsejak tahun 1042 sampai tahun 1222. Buat kesulitanpersoalan tinggalan arkeologi, kesultanan Kediri sungguh tidak
RIZKI
mewarikan banyak peninggalan. Namun dalam sastra klasik, kerajaan punya perkembangan dalam sektor kesusastraan yang sangat berkembang pesat.

Terletak sangat dekat dengan kali Brantas, Kesultanan Kediri tumbuh dan berjalan berbarengan dengan Kerajaan Sriwijaya yang berada di Sumatra. Dua Kesultanan ini punya efek yang sangat besar pada dunia perdagangan kala itu. Diketahui bahwa pedagang Cina dan India sering mengadakan kegiatan perdagangan di wilayah kekuasaan Kesultanan Kediri. Raja yang termasyhur saat itu yakni Jaya Baya. Memegang kekuasaan dari tahun 1135 hingga tahun 1179.

Kerajaan Tarumanegara

Kesultanan ini berdiri dari tahun 358 sampai tahun 669, Tarumanegara atau juga pendeknya Taruma, yakni Kerajaan Sunda India yang terletak di dekat prasasti Kebon Kopi I, Kampung Muara, Bogor. Berdasarkan tugu prasasti, raja Purnawarman mendirikan sebuah kanal yang memindahkan arah dari sungai Cakung. Beliau juga mengeringkan zona pesisir pantai untuk dibuat area pertanian serta wilayah penduduk.

Berlandaskan tulisan di tugu prasasti, Tarumanegara didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman ketika tahun 358. Diketahui ada 12 orang yang pernah menjadi raja Tarumanegara. Tapi yang paling termasyhur yakni raja Purnawarman. Purnawarman diyakini sebagai titisan dewa Wisnu. Pada kepercayaan Hindu, dewa Wisnu yakni dewa pemelihara serta pelindung alam semesta.

Baca Juga Kerajaan Pajajaran

Kerajaan Banten

Kesultanan Banten didirikan sekitar abad ke-16 dan tentu sesuai dengan namanya, Kerajaan Banten terletak di pusat kota Banten. Berlandaskan sejarah, Kesultanan Banten didirikan oleh anggota dari Wali Songo yaitu Sunan Gunung Jati. Kerajaan Banten merupakan Kesultanan yang paling berpengaruh di wilayahAsia Tenggara sebagai kota pusat kegiatan jual beli. Salah satu komoditi yang paling banyak diminati adalah lada.

Karena didirikan oleh Sunan Gunung Jati, tentunya Banten merupakan kerajaan yang punya efek besar pada dakwah agama Islam. Kemajuan Banten dengan kerajaan dagangnya terjadi di awal tahun 1500an. Banten menjadi kota pelabuhan paling besar kedua sesudah Sunda Kelapa. Pasca kejatuhan Malaka ke tangan Portugis, banyak pedagang dari Timur dan Cina yang memutuskan untuk berdiam di Banten daripada Malaka.

Kerajaan Singosari

Berada di beberapa kilometer di sebelah utara kota Malang, munculah sebuah kerajaan Hindu-Buddha yang dikenal dengan kerajaan Singosari atau Singhasari. Singosari terdapat di timur Jawa sekitar tahun 1222 serta dapat berjaya sampai pada tahun 1292. Kerajaan Singosari merupakan lanjutan kesuksesan kerajaan Kediri yang terdapat di Jawa Timur.

Kerajaan Majapahit

Sampailah kita pada kerajaan dengan pengaruh paling pertama yang terdapat di Indonesia yakni kerajaan Majapahit. Majapahit adalah kerajaan dengan pondasi keyakinan Hindu yang berdiri dari tahun 1293 sampai tahun 1500. Menjadi kerajaan paling akbar, Majapahit mendominasii banyak daerah di Indonesia diantara dalamnya yaitu Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Sumbawa, Lombok, dan Timor Timur.

Majapahit sendiri berlokasi diantara kali Brantas dan juga Solo. Kekuatan Majapahit yang hebat dapat memberi dapak ke sejumlah wilayah di Asia Tenggara. Majapahit ada awalnya dirikan oleh Raden Wijaya serta meraih masa keemasannya pada pemerintahan raja Hayam Wuruk didampingi dengan patihnya yang terkenal bernama Gajah Mada.

Awal ada dikendalikan oleh Ken Arok sebagai raja, Ken Arok berhasil menjadi raja pasca dirinya membunuh Tunggul Ametung. Namun kejadian balas dendam yang ada di keturunan Ken Arok dan Tunggul Ametung terus berlangsung hingga membuat raja Singosari silih berganti raja. Akan tetapi, raja yang paling termasyhur di Singosari yaitu Kartanegara. Lewat Kertanegaralah kerajaan Singosari bisa meraih puncak kejayaannya.

(172.31.11.250)

sejarah kerajaan

Apr 23, 2018 at 6:05 PM

lengkap banget

(172.31.14.166)

Trương Anh Tuấn

May 5, 2018 at 6:23 PM

Báo tuổi trẻ xin giới thiệu một số trang báo điện tử hay các bạn nên xem với lượng thông lớn khách quan đa chiều nhất hiện nay.
Hiện tại trên mạng báo điện tử rất nhiều nhưng chúng ta tìm kiếm cho mình một trong những kênh thông tin chính xác khách quan bình lại phân tích đa chiều thì rất ít.

Chúng ta thường bị nhiệu loạn thông tin với nhiều trang báo điện tự viết bài không trung thực không khách quan, kiến chúng ta không biết nên tin vào tời báo nào và dưới đây chúng tôi xin liệt kê một số một số trang báo được đánh giá cao của nhiều độc giả dám nói thẳng sự thật.

Tin tức trong ngày là trang báo có địa chỉ web https://binhluantintuc.com đây là một trang báo chuyên viết về chính trị bình luận phân tích đa chiều.
Báo tuổi trẻ RED là một kênh thông tin giải trí chính trị xã hội được đánh giá bài viết hấp dẫn người đọc mời các bạn truy cập tại địa chỉ: https://baotuoitre.red
BBC Việt Nam NET là một trang báo chuyên bình luận chính trị xã hội việt nam và thế giới đã được đánh giá cao các bạn có thể truy cập tại địa chỉ web: https://bbcvietnamnet.com
Ban biên tập: Báo Tuổi Trẻ

(172.31.14.166)

jatikom

Jun 5, 2018 at 1:34 PM

Informasi menarik terima kasih

(172.31.16.13)

Marrakech desert tours

Aug 1, 2018 at 9:58 PM

The company’s founder was born and raised in Marrakech, Morocco, and our staff is composed of Moroccans who have mastered the art of touring abroad, organising Morocco desert tours & Marrakech desert tours is our specialty, we do it with passion and we have insight.
Our love for tourism and for our charming country is the foundation that we rely on, we have partnered up with the very best to offer nothing but a perfect service and a satisfying tour to Morocco, Marrakech and to the desert.

(172.31.16.13)
Reply To: Sejarah Kerajaan Indonesia yang Perlu Kita Ketahui
Your information: